Spread the love

Berbagai hal kini bisa dilakukan secara online seperti halnya transaksi dan investasi. Dengan adanya internet maka berbagai hal bisa dilakukan dengan mudah bahkan tidak perlu lagi keluar rumah. Ada banyak orang yang ingin melakukan investasi dengan cara yang mudah tetapi banyak juga yang belum mengetahui bagaimana caranya. Mereka menunda melakukan investasi karena beranggapan terlalu ribet. Namun kini bisa dilakukan dengan mudah yaitu melalui reksadana.

Pada dasarnya Reksadana merupakan alternatif untuk melakukan investasi bagi masyarakat pemodal. Hal ini sengaja dirancang sebagai sarana penghimpunan dana masyarakat yang ingin melakukan investasi tetapi masih memiliki kemampuan pengetahuan dan waktu yang terbatas. Adanya Reksadana bisa meningkatkan peran para pemodal lokal sehingga bisa berinvestasi secara langsung di pasar modal Indonesia.

Jenis-Jenis Investasi Reksadana

Bagi yang belum mengetahui reksadana, setidaknya ada empat jenis reksadana yang perlu diketahui.

  1. Reksadana pasar uang

Jenis Reksadana pasar uang diperuntukkan bagi orang-orang yang ingin melakukan investasi dengan instrumen pasar uang yang masa jatuh temponya kurang dari setahun. Instrumen investasi nya bisa berupa sertifikat Bank Indonesia, deposito berjangka, sertifikat deposito, dan jenis instrumen pasar uang lainnya. Tujuan dari Reksadana pasar uang ini yaitu untuk pemeliharaan modal sehingga memiliki risiko yang sangat rendah.

  1. Reksadana pendapatan tetap

Reksadana pendapatan tetap merupakan salah satu jenis Reksadana dimana investor menginvestasikan minimal 80% aktiva dengan bentuk obligasi. Tujuan dari jenis Reksadana ini yaitu menghasilkan tingkat pengembalian stabil meskipun risikonya lebih besar dibandingkan Reksadana pasar uang.

  1. Reksadana campuran

Pada dasarnya reksadana campuran merupakan jenis reksadana yang melokasikan dana dari investasi pada portofolio yang bervariasi. Instrumen investasi bisa berbentuk saham yang dikombinasikan dengan obligasi. Tujuannya yaitu untuk pertumbuhan pendapatan dan harga.

  1. Reksadana saham

Reksadana saham merupakan salah satu jenis reksadana di mana investor menginvestasikan minimal 80% aktiva yang bentuknya efek bersifat ekuitas. Tujuan dari jenis Reksadana saham yaitu sebagai pertumbuhan harga unit atau saham pada jangka waktu yang panjang.

Keunggulan Investasi Di Reksadana

Setelah mengetahui beberapa jenis reksadana, selanjutnya adalah perlunya mengetahui keunggulan dari Reksadana online terbaik yang bisa didapatkan.

  1. Serba online

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa adanya akses internet bisa memberikan kemudahan bagi setiap orang untuk mengakses berbagai hal termasuk juga berinvestasi. Bagi orang-orang yang ingin berinvestasi maka tidak harus antre untuk menabung di bank dan mengisi berbagai berkas. Adanya Reksadana online menguntungkan setiap orang yang ingin berinvestasi karena bisa di lakukan dengan mudah melalui smartphone. Berbagai kemudahan bisa dirasakan ketika melakukan investasi melalui Reksadana online karena berbagai hal bisa dilakukan menggunakan akses internet.

  1. Lebih mudah dibandingkan trading sendiri

Trading saham merupakan salah satu hal yang menjanjikan karena bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Namun siapa sangka bahwa melakukan investasi di Reksadana online juga menguntungkan dan jauh lebih mudah dibandingkan trading. Hal ini terjadi karena di Reksadana terdapat manajer investasi yang tugasnya mengelola dana yang diinvestasikan. Hal-hal terkait dengan investasi bisa di back up dengan baik.

  1. Portofolio yang jelas

Banyak orang yang ingin terkait dengan memilih manajer investasi. Namun dalam Reksadana online menyediakan profil yang lengkap terkait dengan manajer investasi mereka. Dengan demikian maka ada kejelasan portofolio sehingga bisa dipercaya.

  1. Mudah mendapatkan informasi

Apabila sudah melakukan pendaftaran maka berbagai informasi bisa didapatkan dengan mudah terkait reksadana. Informasi tersebut akan diberitahukan melalui inbox email. Tidak hanya itu karena terkait dengan platform jual beli di Reksadana online pun tidak jarang menawarkan promosi kepada para investor.

  1. Mudah melakukan pencairan

Ada banyak investasi yang pencairannya cukup sulit, seperti halnya investasi properti, karena membutuhkan pembeli dan melengkapi berbagai persyaratan. Namun beda halnya dengan reksadana, karena bagi yang memiliki kebutuhan mendesak, bisa melakukan pencairan dana. Hal ini tentu saja sangat membantu para investor.

Pada dasarnya, reksadana merupakan salah satu layanan untuk berinvestasi bagi para pemodal. Dengan dilakukan secara online, maka akan jauh lebih mudah dan efektif. Apalagi terdapat Manajer Investasi yang sudah profesional untuk membantu mengontrol dan mengelola dana yang diinvestasikan. Dengan demikian, segala sesuatunya akan lebih mudah. Banyak orang juga yang kurang memahami terkait dengan investasi, sehingga reksadana menjadi pilihan yang tepat bagi orang-orang yang ingin berinvestasi tetapi belum begitu memahaminya.

Jika ingin berinvestasi di reksadana, maka terlebih dahulu perlu membeli reksadana. Ada beberapa layanan atau platform yang bisa dipilih, antara lain adalah bukareksa, tokopedia, bareksa, dan ipotfund. Cukup dengan menggunakan smartphone, maka investasi akan lebih mudah dan terkendali. Reksadana online terbaik ini membawa kebermanfaatan bagi setiap orang yang ingin menanamkan modal mereka di pasar lokal.