Spread the love

Ina Rachman – Umat Islam milenial adalah segmen populasi muslim global yang paling memiliki pengaruh pada abad 20. Bagaimana peran perempuan Islami seperti Ina Rachman pada dunia modern terlebih di Indonesia? Mari mengupasnya lebih lanjut!

 

Generasi muslim memiliki kesamaan karakteristik yakni percaya pada iman dan juga modernitas sehingga generasi milenial menekankan satu bagian komunitas muslim untuk membagikan sikap serta cara pandang pada seluruh dunia bahwa kedua kepercayaan tersebut menguntungkan serta menjadi prinsip dan panduan untuk kehidupannya.

Salah satu sosok perempuan Islami yang modern adalah Ina Rachman.

 

 

 

Tak hanya mengaplikasikan keimanan dalam bentuk sikap dan cara hidup. Namun, perempuan kelahiran Singapura ini juga sekaligus mendobrak stigma yang salah mengenai perempuan Islam yang hanya harus berpasrah dan menjalani kehidupan dari balik layar.

 

 

 

Ina selalu energik dan optimis untuk membangun kebersamaan umat dan menjangkau masyarakat luas. Pengaruh besar yang diberikannya terhadap negara terutama dalam bidang hukum dan ekonomi.

 

 

 

Ibu dari tiga anak ini sangat kreatif, mencolok, energik, dan optimistis. Terbukti dari banyaknya hal yang dikelolanya. Seperti menjadi owner sekaligus managing director di Ina Rachman-Mulyaharja & Associates Law Office. Menjadi konsultan hukum di APLI, lawyer untuk Kimia Farma, dan masih banyak lagi.

 

 

Tak berhenti sampai bidang ekonomi saja, kontribusi Ina Rachman juga melebar hingga ke ranah ekonomi. Ina Rachman tergolong perempuan yang aktif menjadi direktur dan mengelola sekian banyak perusahaan network marketing.

 

Muslimah Modern dan Berkapasitas Keilmuan yang Tinggi

Generasi muslimah masa kini lebih yakin bahwa iman dan modernitas tidak eksklusif tetapi dapat berkolaborasi sehingga membuat generasi tersebut menjadi semakin baik. Keimanan memengaruhi segala tindakan yang dilakukan.

 

 

Nah, generasi inilah yang melebur kedalam kehidupan modern serta mengambil berbagai manfaat dalam masyarakat serta individu dan juga seiring waktu akan meningkatkan keimanan.

 

Hal ini terlihat dari Ina Rachman yang masih istiqomah menjalankan kehidupan muslimah dengan menutup aurat secara sempurna. Tak hanya itu saja, dalam sela-sela waktunya, Ina pun masih menyempatkan waktu untuk bersilaturahmi dan mengaji bersama ustadz.

 

Tak hanya itu saja, Ina pun masih sangat peduli kepada sesama dengan memberikan berbagai bantuan pada kaum yang membutuhkan. Konsultasi hukum gratis pun diberikannya pada perempuan yang mengalami ketidak adilan dalam rumah tangga.

 

Modern dapat Seiring dengan Agama

Perempuan Islami yang menutup diri dari modernitas tidak bisa mengembangkan kemampuan dirinya. Padahal, generasi muslim milenial mempunyai ide-ide yang akan memengaruhi peradaban dunia. Pengaruh ini akan membentuk serta mengarahkan masa depan populasi muslim yang luas dan lebih jauh,

Di bidang ekonomi, Ina Rachman selalu memperjuangkan salah satu bentuk pemasaran industri yakni network marketing.

 

Melalui APLI, Ina mengawasi banyaknya perusahaan yang bergerak di bidang direct selling agar tidak terpapar oleh money game. Bisnis haram tersebut sudah sejak lama mengusik keberadaan MLM yang murni. Pun, memberikan citra buruk pada network marketing.

 

Apabila menengok pada zaman pencerahan Eropa, saat itulah ada gerakan yang menganggap bahwa agama menghalangi kemajuan serta menepatkan diri dalam perjalanan untuk meninggalkan agama. Sehingga, bisa menjadi orang yang berorientasi pada sains, menatap masa depan, serta memakai teknologi yang baru.

 

Namun, generasi saat ini seperti Ina Rachman membuktikan bahwa modernitas mampu menjadikan agama lebih baik. Saat demokrasi, sains, serta konsumerisme tersebar dengan luas, agama tetap menjadi pilihan utama.

Dapat Anda lihat meskipun teknologi digital membuka akses pada informasi, solidaritas, dan ide, iman dari masyarakat Islam justru semakin kuat. Terlebih generasi perempuan islami milenial yang mampu merefleksikan warisan menjadi kekuatan serta menjadikan inspirasi masa lalu untuk kembali bangkit pada saat ini.

 

Peran Ina Rachman dan muslimah modern harus lebih besar lagi untuk menawarkan pandangan bahwa agama pun mampu berjalan beriringan dengan modernitas. Sehingga, agama bisa jadi inspirasi untuk semua hal di era modern ini.